Mau bikin aplikasi android? Kunjungi android design

Google telah meluncurkan situs web Android Design, tempat di mana pengembang aplikasi bisa mendapatkan tips tentang cara membuat aplikasi untuk sistem operasi Android versi 4.0 atau disebut Ice Cream Sandwich.

Matias Duarte, Director of Android User Experience dari Google, mengumumkan peluncuran Android Design di acara pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronics Show, 10 sampai 13 Januari lalu di Las Vegas, Amerika Serikat.

Google mendeskripsikan Android Design sebagai: “situs untuk mempelajari prinsip-prinsip desain, building blocks, dan pola untuk membuat tampilan antarmuka Android berkelas dunia.”

Belakangan ini, Google memang semakin memperhatikan ekosistem Android. Salah satunya adalah masalah tampilan Android yang sangat beragam, yang menyebabkan Android terfragmentasi. Langkah semacam ini dinilai bagus untuk masa depan Android, sekaligus menertibkan para pengembang aplikasi.

Awal Januari 2012, Google telah mewajibkan para vendor produsen Android dan pengembang aplikasi untuk menggunakan antarmuka Holo yang telah dibuat Google. Holo wajib diimplementasikan agar mempermudah pengembang dan vendor mengintegrasikan widget, tombol aplikasi, dan menu di layar.

Google berharap aplikasi Android memiliki identitas kuat dan familiar digunakan oleh penggunanya karena tombol, widget, hingga temanya rapih dan konsisten. Ice Cream Sandwich akan menjadi sistem operasi Android pertama yang menggunakan standar desain dan antarmuka dari Google.

About aldochristian
on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: